Senin, 20 April 2009

Tips kepet Spin 125

Bikin Kepet, Yuk!

1873kepet-skubek---endro-1.jpgRoda belakang skubek menghadap langsung ke mesin. Jika melibas kubangan, kotoran bakal langsung hinggap di dapur pacu. Parahnya, beberapa skubek tidak dilengkapi kepet penahan cipratan air. Sehingga mesin tampak kotor dan proses pendingin jadi sedikit terganggu.1874kepet-skubek---endro-2.jpg

Contohnya tumpukan kerak tebal sering terlihat di Suzuki Spin 125. Kebetulan skubek ini tidak dilengkapi kepet, sehingga si pemilik agak kesulitan saat mencuci atau mengusir kotoran di crankcase yang menyatu dengan rumah CVT.

Daripada sebal terus lihat kondisi ini, Chepy mekanik RMK Cute kasih saran untuk menambah atau bikin kepet (gbr. 1). “Bahan bisa pakai kepet motor lain atau dari karet ban dalam mobil. Pokoknya jangan kaku supaya nggak mentok juga tidak bergesek,” wantinya.

1875kepet-skubek---endro-3.jpgSelain kepet, bahan lainnya mur-baut kecil dan pendek berkepala obeng plus. Tidak lupa juga minta ring penahan baut agar kepet terikat baik. Atau mau simpel, cable tie ukuran kecil juga bisa dimanfaatkan (gbr.2).

Kalau sudah komplet, selajutnya bikin lubang kecil seukuran baut. Posisi di ujung depan sepatbor belakang pakai mata bor. Begitu juga dengan kepet (gbr.3). “Cuma biar enak dilihat, kepet dibentuk dulu sesuai kebutuhan ruang,” imbuh warga Jl. Kebalen 3, Poncol, Jakarta Selatan.

Baru deh kepet modif dipasang. Di Spin 125, pasang kepet dari dalam atau dekat ke mesin. Sebab di posisi itu paling aman gesekan dan safe dari cipratan. Oke cuuuy...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar