Minggu, 19 April 2009

Yamaha Nouvo 2006 (Sumedang)

Nouvo Grizzly

1782mio-atv-dvd-1.jpgKawasan perkebunan buah leci di kaki gunung Manglayang, Sumedang, Jawa Barat menjadi area pembuktian Yamaha Nouvo yang sudah bertransformasi bentuk menjadi ATV (All Terrain Vehicle) atau kendaraan segala medan. Tergolong sempurna karena di medan ekstrem yang membuat satu roda terangkat 30 cm pun, masih tetap berdiri.

Pelaku modifikasi ini Yudi Setiawan dan tim The BAR (Bandung Adventure Riding). Hebatnya lagi ubahan yang dilakukan nggak 1783nouvo-dvd-2.jpghanya sekadar tampilan tapi sangat fungsional. “Kita gunakan sebagai rental ATV di usaha outbond milik saya,” kata Setiawan. Bahkan melihat banyaknya respon, dia pun menjadikannya sebagai unit usaha, alias dijual.

“Patokan dalam melakukan modifikasi ini hanya dari gambar di internet,” kata Setiawan lebih jauh. Contekan gambar tadi berasal dari model Yamaha Grizzly. Faktor terberat tentunya di sektor suspensi dan rangka.

“Karena kalau bagian itu nggak sempurna, bisa-bisa ATV terguling di jalan miring, malu-maluin tuh,” lanjut ayah satu anak ini. Untuk seluruh rangka dibuat dengan pipa besi ukuran diameter ¾ inci. Sedang as roda belakang pipa berdiameter 3 cm.

1784nouvo-dvd-3.jpgSementara itu untuk roda depan karena berhubungan dengan sistem kemudi dibuatkan persis layaknya mobil. “Sayap arm depan itu menggunakan pelat Nurfil6 mm dan di kedua ujung rodanya juga menggunakan tie rod,” tambah pemilik outbond dan paintball commando di wilayah Lembang, Bandung ini. Dengan desainnya ini maka radius putar cukup membutuhkan area 3 meter, motor sudah bisa balik arah.

Selain itu di suspensi depan juga dilengkapi sokbreker ganda. “Itu menggunakan variasi untuk Honda Tiger,tapi banyak yang harus dirombak ulang,” lanjut pria bertubuh tegap ini. Modifikasi di bagian peredam kejut ini karena bobot motor sudah meningkat 3 kali lipat dan juga agar mampu melibas berbagai macam lintasan.1785nouvo-dvd-4.jpg

Bagian dari sok depan yang dirombak adalah pada bagian dalam. “Kita tambah per dan lubang oli sok di suling diperkecil. Hal itu supaya masih bisa rebound,” timpal Welly yang menjabat mekanik utama. Sayang kelirnya yang putih biru kurang serasi dengan warna bodi yang hijau army itu.

Hal sama juga dilakukan pada sok tunggal di belakang. Tapi karena hanya satu, maka per luar juga diganti pakai yang lebih besar supaya kuat. “Kita gunakan per dari Suzuki TS125, sedang dalamnya dilakukan teknik yang sama dengan sok depan,” beber Welly yang mantan mekanik balap liar ini.

Alhasil meskipun diajak ngepot atau melewati jalan berlubang akibat jalur air di gunung, masih tetap aman.

BODI FIBER

Agar tidak terlalu berat, maka seluruh bodi dibuat menggunakan fiber tipis. “Kita gunakan serat gelas hanya satu lapis, kecuali di bagian dek kaki yang dua lapis biar kuat,” cerita Setiawan.

Untuk kelir, pihak The BAR menyerahkan langsung kepada calon konsumen. “Sementara ini banyak yang order dengan gaya tentara. Mungkin kesannya lebih macho katanya,” kekeh mereka kompak.

SETANG BERAT


1786mio-atv-dvd-5.jpgSaat mencoba ATV ini setang dirasakan cukup berat. Hal itu juga diakui oleh pihak The BAR. “Tapi itu memang disengaja untuk keamanan,” kata Welly. Hal itu karena jika setang terlalu ringan, maka akan gampang terbanting saat melibas jalan jelek. Ujung-ujungnya handling menjadi susah dikendalikian.





DATA MODIFIKASI


Ban depan : 4PR 20x10-10
Ban belakang : 4PR 21x7-10
Pelek : ATV 4 x 10 inci
Gir : Custom 15 : 46
Tie rod : Suzuki Carry
Piston : Honda Tiger 0versize 100
Klep : Honda GL 30/25

Tidak ada komentar:

Posting Komentar